Presiden Jokowi Baru Sadar, Orang Indonesia Harusnya Makan Ikan

HUD-HUD NUSANTARA - Indonesia negara kelautan murni, disebutlah negara maritim. Orang Indonesia pada mulanya hidup dari melaut. Abad berlari, peradaban melaju, kehidupan bergeser dari pesisir ke pedalaman. Kebiasaan hidup pun mesti berubah, harus beradaptasi dengan alam. Jika hidup di laut makan ikan, masuk ke hutan, lembah, dan pegunungan, jika ada sapi, kambing, dan ayam, mereka makan daging.


Di waktu yang hampir bersamaan, terjadi pertemuan antar bangsa di tanah kepualauan nusantara. Bangsa-bangsa dari China, tepian semenanjung Arab, Belanda, dan Jepang dengan kulturnya masing-masing, sedikit banyak telah merubah cara hidup orang Iondesia.

Orang Indonesia lembut dan santun, selama tidak direceki hidupnya. Orang Indonesia mudah menerima kebaruan yang masih sesuai dengan tradisi lamanya, asal memiliki manfaat dan kebaikan. Barangkali, benar buah pikiran penyair besar WS. Rendra bahwa tidak ada yang asli dari Indonsia, selain manusia dengan budi pekerti dan kreativitasnya.

Semua yang menjadi penopang hidup orang Indonesia, sandang, pangan, dan papan tidak lain dari hasi percampuran dengan budaya luar Nusantara. Namun apapun itu yang masuk ke Nusantara, diolah sedemikian rupa oleh bangsa Indonesia, tanpa harus keluar dari jati diri mereka yang seutuhnya.

Begitulah Indonesia dengan bangsanya yang hidup mengalir. Seperti air yang selalu tenang namun mampu menciptakan gelombang, arus, dan badai. Sebagaimana air, bisa melajukan perahu, menampung bermilyar-milyar ikan, bahkan menghidupi orang banyak. (NUSANTARANEWS.CO)

Baca Selengkapnya DISINI SAJA
Presiden Jokowi Baru Sadar, Orang Indonesia Harusnya Makan Ikan Presiden Jokowi Baru Sadar, Orang Indonesia Harusnya Makan Ikan Reviewed by Unknown on 5:09:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.