Belale', Budaya Gotong Royong Petani Sambas


HUD-HUD NUSANTARA - Mutu kehidupan suatu bangsa ditentukan oleh kebudayaannya. Bangsa Indonesia yang terdiri dengan beragam suku memliki kebudayaan khasnya masing-masing. Budaya gotong-royong, hampir dimiliki oleh semua suku di negara kepulauan bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Sejarah perjalanan bangsa ini juga didukung dengan semangat gotong royong yang tinggi pula.


Salah satu budaya gotong royong yang masih lestari di Indoneisa adalah Balale' yang menunjukkan solidaritas warga masyarakat oetani di Sambas. Belale' sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu di Sambas. Sistem kerja gotong royong ini memiliki hak untuk dibantu dan berkewajiban untuk membantu.

Belale' berasal dari bahasa Melayu Sambas yang berarti suatu kegiatan atau sistem kerja yang dilakukan secara bersama-sama dalam mengerjakan sesuatu. Sebagai petani yang bekerja di sawah-ladang, petani Sambas tetap menggunakan sistem kerja gotong royong. Saling membantu satu sama lain merupakan spirit hidup mereka untuk menuai hasil yang baik serta mempererat persaudaraan dan solidaritas antar warga. (NUSANTARANEWS.CO)

Baca selengkapnya Artikel : Belale', Budaya Gotong Royong Petani Sambas
Belale', Budaya Gotong Royong Petani Sambas Belale', Budaya Gotong Royong Petani Sambas Reviewed by Unknown on 3:39:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.