Mendengar Kesaksian W.S Rendra, Ingat Hari (Anti) Tembakau Sedunia

HUD-HUD NUSANTARA – Tanggal 31 Mei dijadikan Hari Anti Tembakau di seluruh dunia dengan seruan tidak ada asap rokok di seluruh dunia selama 24 jam. Hari Anti  Tembakau Sedunia dicetuskan sejak tahun 1987 oleh negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


Gerakan ini sampai sekarang mendapat reaksi berupa dukungan baik dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat. Protespun menyertainya dari kalangan perokok aktif, petani tembakau, dan tentu saja pihak industri rokok.

WHO dalam kampanyenya menyerukan kepada masyarakat dunia betapa berbahaya mengkonsumsi rokok bagi kesehatan. Tema-tema yang diusung WHO di Hari Anti  Tembakau Sedunia seperti “Tembakau dapat Membunuh, jangan terkecoh” pada 31 Mei 2000 dan “Tobacco: mematikan dalam berbagai wujudnya”, 31 Mei 2006.  Tujuannya tak lain untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Tentang tembakau di Indonesia pernah menjadi perhatian budawayan dan penyair Burung Merak, W.S Rendra semasa hidup. Saat itu, Selasa, 28 April 2009 Rendra memberikan kesaksiannya sebagai ahli perwakilan pemerintah dalam Sidang Mahkamah Konstitusi Perihal Pengujian Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 Terhadap Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. (NUSANTARANEWS.CO)

Selengkapnya SILAHKAN DIKLIK DISINI
Mendengar Kesaksian W.S Rendra, Ingat Hari (Anti) Tembakau Sedunia Mendengar Kesaksian W.S Rendra, Ingat Hari (Anti) Tembakau Sedunia Reviewed by Unknown on 4:58:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.